Rabu, 08 Agustus 2012

Ruangan mungil

CitraGarden Lampung


KOMPAS.com - Nyaman saat berada di dalam rumah adalah impian setiap orang. Boleh jadi, salah satu tolok ukur kenyamanan terletak pada luasnya ruangan. Lantas, bagaimana jika rumah Anda berada di lahan kecil?

Penataan ulang untuk ruang dan perabot menjadi solusi efektif yang patut Anda coba. Jelang hari raya Lebaran ini mungkin waktu yang tepat untuk Anda berkreativitas dengan tempat tinggal Anda agar setiap sudut ruang dapat difungsikan secara optimal meninggalkan kesan sesak atau sempit.

Ya, Anda dapat menggali sudut ruang yang awalnya "stagnan" menjadi lebih estetis dan fungsional. Ruang yang tadinya terkotak-kotak bisa dibedah menjadi satu kesatuan begitu lapang dan leluasa. Misalnya, ruang tamu bisa diubah menjadi teras dan dioptimalkan sebagai tempat duduk-duduk di area semiterbuka. Tidak lupa percantik area tersebut dengan pemilihan perabot yang minimalis dan tidak mudah kotor, mengingat area ini ada di bagian luar rumah.

Sebagai penyejuk, Anda juga bisa "menyelipkan" kolam hias mungil di sudut halaman atau taman kecil dengan aneka tanaman hias yang menyegarkan mata. Tembok yang semula menjadi penyekat ruangan juga dapat digantikan dengan aneka perabot minimalis atau kaca bertirai. Tanpa kehadiran fisik tembok, fungsi kedua elemen itu tetap mampu menggantikannya.

Anda juga bisa mengambil inspirasi dari tata ruang apartemen atau loft. Jenis hunian ini mampu memaksimalkan ruang dalam lahan terbatas. Tak segan-segan, si pemilik hunian bahkan bisa menyatukan ruang keluarga, ruang makan, dan dapur yang minim sekat.

Memang, Anda perlu berkreasi dengan daya kreativitas tinggi untuk bisa menemukan perabot yang proporsional, berfungsi maksimal, tanpa berkesan dominan. Siasat lainnya, Anda juga bisa memberikan pencahayaan alami ke dalam rumah dalam bentuk bukaan, seperti skylight atau void. Fungsinya dapat membantu melancarkan sirkulasi udara di dalam rumah, dan cocok ditempatkan di ruang tengah sebagai pusat area aktivitas keluarga.

Dengan plafon tinggi, ruang tengah pun jadi jauh lebih sejuk. Selanjutnya, apabila rumah Anda berlantai dua, pilihlah tangga yang ringan seperti bahan plat besi ramping.

Warna cerah pada dinding tangga atau void mampu menjadi focal point hunian. Pemberian warna yang berbeda ini juga bisa diberikan pada voyer atau selasar sebagai pembeda ruang.

Terakhir, sebagai tambahan sentuhan artistik, penempatan foto-foto atau lukisan dalam bingkai unik mampu menambah daya pikat. Yuk, berkreasi agar lahan kecil rumah Anda kini tak jadi masalah!

(AJG)

info rumah perumahan citra garden lampung ciputra group , rumah indah , rumah mewah , rumah megah , rumah elit , kawasan elit , cari rumah , KPR , KPT , Perumahan di lampung , rumah di lampung , info rumah di lampung , perumahan cluster , rumah besar , cari rumah baru , cari rumah di lampung , citra garden lampung , citra garden , citra grand , citra land , ciputra , citra indah , citra lampung , citra garden bandar lampung.

Artikel Terkait Tips

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar